Tinjauan Umum Pandangan Dunia Teknologi Komunikasi Didalam Kehidupan Sosial

/* finadaniati */
 Tinjauan Umum Pandangan Dunia Teknologi Komunikasi Didalam Kehidupan Sosial


Komunikasi , umumnya sangat diperlukan setiap makhluk hidup , terutama oleh manusia sebagai makhluk sosial. Komunikasi merupakan suatu proses yang memungkinkan seseorang untuk saling bertukar informasi dengan orang yang lain. Seiring berkembangnya zaman , komunikasi pun semakin berkembang didalam keidupan sosial. Komunikasi tidak selalu berupa perbincangan satu sama lain , tetapi juga berupa tulisan dan lain-lain. 

Pada zaman dahulu , jika seseorang ingin berkomunikasi melalui tulisan atau surat , surat tersebut di kirim melalui perantara burung , yang tentu saja waktu yang di perlukan untuk sampai kepada penerimanya lama. Namun, sekarang ini kita cukup menggunakan jasa Pos untuk mengantarkan surat tersebut. Bahkan ada yang lebih praktis lagi , yaitu melalui Pesan Singkat (SMS) , ataupun E-mail  Hal ini menunjukan bahwa perkembangan teknologi , memiliki efisiensi waktu yang lebih dibandingkan zaman dahulu. Dengan adanya teknologi komunikasi , tentunya memberikan pengaruh besar bukan hanya di dalam keidupan sosial tetapi juga pada politik, ekonomi, sosial budaya, ideologi, dan berbagai pihak lainnya.

Teknologi komunikasi memudahkan seseorang untuk dapat tukar-menukar informasi dengan orang lain , tanpa mengkhawatirkan jarak. Dengan teknologi komunikasi dapat dengan mudah mencari dan mempelajari banyak aspek mengenai kebudayaan di seluruh dunia. Misalnya seseorang dari daerah Jawa Tengah, bisa bertukar informasi mengenai kebudayaan dari daerah Sulawesi Utara. Sehingga orang Jawa Tengah lebih dengan mudah mempelajari seni kebudayaan dari Sulawesi Utara, begitu pula dengan orang dari Sulawesi Utara, lebih mudah dalam mempelajari seni kebudayaan dari Jawa Tengah. 

Begitu banyak manfaat dari perkembangan teknologi komunikasi, selain manfaat tidak jarang terdapat pihak-pihak yang justru malah salah memanfaatkan tekhnologi komunikasi untuk hal-hal negatif untuk tindak kriminal seperti penipuan. Selain itu , banyak juga yang jarang berkomunikasi secara langsung padahal jarak dekat, hal itu karena lebih memilih berkomunikasi melalui pesan singkat (SMS) , Telepon , ataupun E-mail.



Tugas   : Ilmu Budaya Dasar #
Nama   : Fina Daniati
NPM    : 12212956
Kelas    : 1EA28

No comments:

Post a Comment